Skip to main content

MAKALAH KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN (PPD)

TUGAS KELOMPOK
KONSEP DAN TUGAS PERKEMBANGAN
(Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Perkembangan Peserta Didik dengan dosen pengampu : Siti Nurlaila, S.Psi.M.Psi)
Tutwuri

Oleh :
Kelompok 2

1.        DHEA LINGGA PERTIWI                 (14330003)
2.        MUSKHOLIFAH                                  (14330010)



JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2014
KATA PENGANTAR
          Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Tugas kelompok ini dengan baik.
          Terselesaikannya tugas ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1. Orangtua yang telah memberikan dukungan baik materi maupun spiritual.
2. Ibu Siti Nurlaila, S.Psi,M.Psi selaku dosen Perkembangan Peserta Didik.
3. Teman-teman serta semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya tugas ini.
          Penyusun menyadari bahwa tugas ini masih memiliki kekurangan-kekurangan yang dikarenakan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan penyusun. Untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik  yang  sifatnya membangun dari semua pihak guna perbaikan dalam tugas-tugas berikutnya.
          Akhirnya penyusun berharap semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


                                                                                                Metro, Maret 2015

                                                                                    Penyusun






DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL......................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................
DAFTAR ISI.....................................................................................................       

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masaah
C.     Tujuan Pembahasan
D.    Metode Pembahasan
                        
BAB II PEMBAHASAN

A.    Pengertian Tugas Perkembangan
B.     Sumber Tugas Perkembangan
C.     Tugas perkembangan masa remaja serta implikasinya daam pendidikan

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpuan

DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Proses kehidupan individu terbentang dari mulai fase usia kandungan sampai fase usia tua. Dalam menempuh setiap fase tersebut, terdapat tugas-tugas perkembangan yang seyogianya setiap individu harus dapat menuntaskannya.  Setiap fase atau tahap pada perkembangan individu meliputi kemampuan bertingkah laku yang seharusnya dicapai oleh anak pada periode perkembangan tertentu. Jika setiap anak yang berada dalam periode perkembangan itu dapat memperoleh kemampuan bertingkah laku yang sesuai dengan ciri-ciri khas kemampuan bertingkah laku pada periode itu, maka anak tersebut memiliki perkembangan yang sempurna.
Akan tetapi tidak setiap anak dapat mengalami perkembangan yang sempurna, permasalahan bagi manusia akan semakin kompleks ketika mereka menginjak usia remaja, pada masa remaja itulah mereka mulai mengenal lingkungan atau masyarakat yang lebih luas yang selalu dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang yang lebih rumit yang memerlukan penanganan yang sangat serius. Permasalahan bagi peserta didik usia remaja timbul baik dari intern ataupun ekstern yang keselurahannya sangat mengganggu pada proses belajar dan pembelajaran peserta didik di usia seperti itu. Keingin tahuan pada usia remaja sangatlah besar karena pada masa itu mereka masih mencari jati diri dan figur yang di idolakan oleh mereka.
Oleh karena itu, bagi seorang pendidik haruslah tahu keadaan peserta didiknya dan harus bisa mengarahkan pada hal-hal yang positif sehingga peserta didik pada usia remaja akan terarah pada hal-hal yang positif, pendidik juga harus mengetahui gejala-gejala yang terdapat pada peserta didik usia tersebut dan bisa memberikan solusi yang terbaik dalam menghadapi keadaan peserta didik seperti itu maka oleh karena itu diperlukan konsep dan tugas perkembangan peserta didik.

B.  Rumusan Masalah
 Rumusan masalah yang dapat diuraikan dalam pembahasan konsep dan tugas perkembangan ini antara lain :
1.      Apakah pengertian dari tugas perkembangan ?
2.      Apakah sumber dari tugas perkembangan ?
3.      Apakah tugas perkembangan masa remaja serta implikasinya dalam pendidikan ?

C.  Tujuan Pembahasan

Tujuan dan manfaat pembahasan yang dapat diuraikan dalam konsep dan tugas perkembangan ini antara lain :
1.    Untuk mengetahui pengertian tugas perkembangan
2.    Untuk memahami tentang sumber tugas perkembangan
3.    Untuk mengetahui cara mengimplikasikan tugas-tugas perkembangan peserta didik
pada usia remaja.

D.  Metode Pembahasan

Dalam menyusun makaah ini kami menggunakan  studi kepustakaan diantaranya sumber buku dengan judul “Perkembangan Peserta Didik” yang disusun oleh Syamsu Yusuf L.N dan Nani M. Sugandhi dan lain-lain, serta mencari sumber-sumber atau artikel terkait yang didapat dari internet.














BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Tugas Perkembangan
Menurut Robert J. Havighurst, suatu tugas perkembangan adalah suatu tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang. Tugas perkembangan merupakan petunjuk petunjuk yang memungkinkan seseorang memehami apa yang diharapkan masyarakat dari padanya pada suatu umur tertentu. . Pembagian tugas-tugas perkembangan untuk masing-masing fase dari sejak masa bayi sampai usia lanjut dikemukakan oleh Havighurst sebagai berikut:

1.    Tugas-tugas perkembangan pada masa bayi dan awal masa kanak-kanak
a.       Belajar berjalan
b.      Belajar berbicara
c.       Belajar memakan makanan yang padat
d.      Belajar mengatur buang air kecil dan besar
e.       Belajar membedakan jenis kelamin
f.       Membentuk konsep dari kenyataan sosial dan physik yang sederhana
g.      Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah

2.    Tugas-tugas perkembangan pada masa kanak-kanak
a.       Belajar keterampilan-keterampilan fisik, yang diperlukan untuk permainan yang sederhana
b.      Belajar bergaul dengan teman sebaya
c.       Belajar menyesuaikan diri dengan keadaannya sebagai wanita atau pria
d.      Memperkembangkan keterampilan-keterampilan dasar untuk membaca, menulis, dan berhitung
e.       Memperkembangkan konsep-konsep bagi kehidupan sehari-hari
f.       Memperkembangkan sikap-sikap terhadap kelompok-kelompok dan lembaga dalam masyarakat



3.    Tugas-tugas  perkembangan  pada masa remaja
a.       Menerima keadaan jasmaninya dan menerima serta menjalankan perannya sebagai pria dan wanita
b.      Mengadakan hubungan baru dengan teman sebaya dari kedua jenis kelamin, terutama dengan anak lawan jenis
c.       Mencapai kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya, agar supaya jangan terlalu terikat
d.      Mendapatkan kepastian mengenai kebebasan ekonomik
e.       Memilih dan mempersiapkan diri bagi suatu jabatan
f.       Memperkembangkan keterampilan dan konsep-konsep intelektual yang perlu untuk hidup menjadi warga negara yang baik
g.      Menginginkan dan dapat bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat
h.      Mempersiapkan diri untuk pernikahan dan hidup berkeluarga
i.        Menentukan dengan penuh kesadaran nilai-nilai yang sesuai dengan suatu gambaran mengenai keadaan didunia

4.    Tugas-tugas perkembangan pada masa dewasa awal
a.       Memilih calon suami atau istri
b.      Belajar hidup bersama suami atau istri
c.       Memuai hidup bersama keluarga
d.      Mengasuh anak-anak
e.       Menyelenggarakan rumah tangga
f.       Mulai bekerja
g.      Mulai bertanggungjawab sebagai seorang warga negara
h.      Mendapatkan kelompok sosial yang sesuai baginya

5.    Tugas-tugas perkembangan pada masa setengah baya
a.       Mendapatkan tanggung jawab sebagai orang dewasa yang menjadi warga negara dan hidup bermasyarakat
b.      Menentukan dan hidup sesuai standart hidup yang berhubungan dengan ekonomi
c.       Membantu anak-anak remaja menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berbahagia
d.      Memperkembangkan keaktifan-keaktifan dalam masa senggang yang sesuai bagi orang dewasa
e.       Menyesuaikan diri dengan orang tua yang sudah usia lanjut
6.    Tugas-tugas perkembangan pada masa tua
a.       Menyesuaikan diri ada berkurangnya kekuatan fisik dan kesehatan
b.      Menyesuaikan diri pada masa pensiun dan penghasilan yang berkurang
c.       Menyesuaikan diri pada meninggalnya suami atau istri
d.      Mengadakan hubungan yang erat pada orang-orang yang seumur

B.  Sumber Tugas Perkembangan
 Munculnya tugas-tugas perkembangan, bersumber pada faktor-faktor berikut:
1.      Kematangan fisik, misalnya
a)      belajar berjalan karena kematangan otot-otot kaki ;
b)      belajar bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang berbeda pada masa remaja karena kematangan organ-organ seksual.
c)      kesiapan fisik balita membuatnya mulai belajar berjalan dan bicara.
2.      Tuntutan masyarakat secara kultural, misalnya
a)      belajar membaca,
b)      belajar menulis
c)      belajar berhitung,
d)     belajar berorganisasi.
3.      Tuntutan dari dororngan dan cita-cita individu sendiri, misalnya
a)      memilih pekerjaan
b)      memilih teman hidup.
4.      Tuntutan norma agama, misalnya
a)      taat beribadah kepada Allah SWT,
b)      berbuat pada sesama manusia.


                      
C.  Tugas perkembangan masa remaja serta implikasinya daam pendidikan

Memperhatikan banyaknya faktor kehidupan yang berada di lingkungan remaja, maka pemikiran tentang penyelenggaraan pendidikan juga harus memperhatikan faktor-faktor tersebut. Sekalipun dalam penyelenggaraan pendidikan diakui bahwa tidak mungkin memenuhi tuntutan dan harapan seluruh faktor yang berlaku tersebut.

1.      Pendidikan yang berlaku di Indonesia, baik pendidikan yang di-selenggarakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah, pada umumnya diselenggarakan dalam bentuk klasikal. Penyelenggaraan pendidikan klasikal ini berarti memberlakukan sama semua tindakan pendidikan kepada semua remaja yang tergabung di dalam kelas, sekalipun masing-masing di antara mereka sangat berbeda-beda. Pengakuan terhadap kemampuan setiap pribadi yang beranekaragam itu menjadi kurang. Oleh karena itu, yang harus mendapatkan perhatian di dalam penyelenggaraan pendidikan adalah sifat-sifat dan kebutuhan umum remaja, seperti pengakuan akan kemampuannya, ingin untuk mendapatkan kepercayaan, kebebasan, dan semacamnya.

2.      Beberapa usaha yang perlu dilakukan di dalam penyelenggaraan pendidikan, sehubungan dengan minat dan kemampuan remaja yang dikaitkan terhadap cita-cita kehidupannya antara lain adalah:
a.       Bimbingan karier dalam upaya mengarahkan siswa untuk menentukan pilihan jenis pendidikan dan jenis pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.
b.      Memberikan latihan-latihan praktis terhadap siswa dengan ber-orientasi kepada kondisi (tuntutan) lingkungan.
c.       Penyusunan kurikulum yang komprehensif dengan mengem¬bangkan kurikulum muatan lokal.

3.      Keberhasilan dalam memilih pasangan hidup untuk membentuk keluarga banyak ditentukan oleh pengalaman dan penyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya. Untuk me¬ngembangkan model keluarga yang ideal maka perlu dilakukan:
a.       Bimbingan tentang cara pergaulan dengan mengajarkan etika pergaulan lewat pendidikan budi pekerti dan pendidikan keluarga.
b.      Bimbingan siswa untuk memahami norma yang berlaku baik di dalam keluarga, sekolah, maupun di dalam masyarakat. Untuk kepentingan ini diperlukan arahan untuk kebebasan emosional dari orang tua.























BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
                                                                                
Menurut Hayinghurst, suatu tugas perkembangan adalah suatu tugas yang timbul pada suatu periode tertentu dalam perkembangan seseorang. Tugas perkembangan merupakan petunjuk petunjuk yang memungkinkan seseorang memehami apa yang diharapkan masyarakat dari padanya pada suatu umur tertentu. bila gagal dalam mencapai tugas itu akan membawa ketidak bahagiaan dan kekecewaan dalam masyarakat serta menemui kesulitan dalam tugas berikutnya.





















DAFTAR PUSTAKA

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 1991.Psikologi Pendidikan. Jakarta : C.V. Rajawali.
Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. 2011. Perkembangann Peserta Didik. Jakarta:Rajawali Pers.
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.



Comments

Popular posts from this blog

soal oliempiade pramuka penegak

Dalam pembahasan kali ini, saya memberikan contoh soal" pramuka yang sering digunakan baik oliempiade maupun lct pramuka, dalam soal ini terdapat PK (pengetahuan kepramukaan) maupun PU (pengetahuan umum), oke lahh gax usah mondar mandir yaa kan gax penting ,, heheheh... udah ngk sabar.. langsung saja yaa,, semoga bermanfaat.......... kritik dan saran harap di ruang komentar.. ini gann .. salam pramuka.. jawabannya lihat di sini http://hudhanewblog.blogspot.com/2015/02/jawaban-soal-oliempiade-pramuka-penegak.html LEMBAR SOAL 1.       Tanggal berapakah kepres tentang panji pramuka disahkan? a.        14 agustus 1960 b.       14 agustus 1961 c.        15 agustus 1960 d.       15 agustus 1961 e.        16 agustus 1962 2.       Siapakah penemu lambang tunas kelapa? a.        Husein mutahar b.       Boden powel c.        Dr.charrles jakson d.       sunarjo atmodipuro e.        KH.agus salim 3.       Saka yang bergerak dalam bidang kelautan ? a.        S

MAKALAH HAKEKAT IBADAH

MAKALAH KELOMPOK HAKEKAT IBADAH ( Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Al islam 2 dengan dosen pengampu Drs. H. Junaidi S,M. SOS.I) Oleh: Huda Hinggo Sapriki 14330026 Erik Almanar 1433002 3 Muhammad Sopian Bayu Tri Atmojo Yudi Wiyanoto Deni Syaifulloh 14330027 14330001 14330013 14330002 PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO 2015/2016 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkatrahmat dan hidayahnya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Penyusun mengucapkan terima kasih kepada Drs. H. Junaidi S,M. SOS.I Selaku dosen mata kuliah Al Islam 2, serta kepada teman - teman yang telah membantu yaitu dengan memberi semangat dan motivasi untuk  menyelesaikan  tugas makalah ini. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata, dengan demikian kam

Makalalah Karakteristik Perkembangan Kemandirian dan Karier Remaja Serta Implikasinya Dalam Pendidikan

Karakteristik Perkembangan Kemandirian dan Karier Remaja Serta Implikasinya Dalam Pendidikan  (Untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Perkembangan Peserta Didik dengan dosen pengampu : SITI NURLAILA, S.Psi., M.Psi.) Oleh : Kelompok 9 1.         IRDYA MEILANISA                           (14330016) 2.         GINA LAILATUL FAJRI                   (14330025) 3.         MUHAMMAD SOPIYAN                    (143300 27)                                       PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO 2015 KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menye lesaikan penyusunan makalah ini dengan baik. Dalam menyelesaikan makalah ini penulis mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada : 1.                   Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan